Tuesday, April 24, 2012

BlackBerry OS

A. Pengertian BlackBerry OS

BlackBerry OS adalah milik Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh RIM (Research In Motion) untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone perangkat genggam. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.
Platform BlackBerry mungkin paling dikenal karena dukungan asli untuk email perusahaan, melalui MIDP 1.0 dan, baru-baru ini, sebuah subset dari MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, atau Novell GroupWise email, kalender, tugas, catatan, dan kontak, bila digunakan dengan BlackBerry Enterprise Server. Sistem operasi juga mendukung WAP 1.2.
Pembaruan sistem operasi dapat secara otomatis tersedia dari operator nirkabel yang mendukung BlackBerry atas memuat perangkat lunak udara (OTASL) layanan. Pengembang pihak ketiga dapat menulis perangkat lunak menggunakan BlackBerry yang tersedia API (Application Programming Interface) kelas, meskipun aplikasi yang menggunakan fungsi tertentu harus digital ditandatangani.

B. Sejarah BlackBerry OS

Kisah sukses Research In Motion Ltd, berawal dari seorang pemuda Yunani bernama Mike Lazardis, yang pada tahun 1967 berimigrasi dari Turki ke Kanada untuk mewujudkan mimpi dan merubah nasibnya. Ia sempat kuliah di Universitas Waterloo, mendalami Teknik Elektro, namun karena sesuatu hal ia dikeluarkan.
Pada tahun 1984, dengan modal pinjaman dari teman dan keluarganya, Lazarsis dan dua temannya mendirikan RIM di Waterloo, Ontario Kanada. Kontrak kerja pertamanya datang dari General Motor Kanada untuk mengerjakan otomatisasi industri. Pada tahun pertamanya, dari berbagai kontrak kerja, RIM berhasil mendapatkan penghasilan $1 juta dengan karyawan sekitar 12 orang.
Pada tahun 1987, RIM menerima kontrak dari Roger Cantel Mobile Comminications, operator pager dan telepon seluler. Dalam kontraknya, RIM bertugas mencari tahu potensi dari sistim jaringan digital nirkabel baru yang di kenalkan Ericsson. RIM berhasil membuat modem radio nirkabel berukuran mini pada tahun 1990. Modem buatan RIM banyak dipakai oleh perusahaan untuk berbagai produk dari komputer sampai mesin penjual otomatis.
Pada tahun 1991 RIM mengembangkan software untuk mendukung sistim e-mail nirkabel. RIM bekerja sama dengan dua perusahaan besar seperti Ericsson, dan Anterior Technologi. Ericsson berhasil mengenalkan modem radio portabel th 1992, Anterior Technologi bertugas menyediakan gateway untuk sistim e-mail sementara RIM akan meyediakan aplikasi pemograman. Kerjasama tiga pihak ini berhasil menciptakan sistim e-mail nirkabel dengan konektivitas tak terputus.
Pada tahun 1996, RIM dalam mengembangkan bisnis perangkat e-mail nirkabel mengenalkan pager yg di beri nama Inter@ctive pager. Saat diluncurkan ke publik tahun 1997, Inter@ctive pager yang dijual seharga $675 menjadi produk yang sangat populer dan digemari.
Pada tahun 1998 RIM mendapat banyak kontrak untuk membuat Inter@ctive pager bagi banyak perusahaan besar seperti IBM, Panasonic Corp, Mobile Integrated Technologies, dan Telxon Corp. Akhhir 1998 RIM mengenalkan versi upgrade dari Inter@ctive pager yang lebih hebat, kecil, murah dan punya daya tahan lebih lama.
Setelah dua produk Inter@ctive pager sukses di pasaran, akhirnya pada tahun 1999, RIM memutuskan untuk fokus di perangkat e-mail koorporat dengan mengenalkan produk barunya, yaitu BlackBerry.
RIM mengumumkan pada Februari 2009 bahwa mereka memperluas operasi global mereka dengan membuka kantor dan fasilitas pelatihan di North Sydney, New South Wales, Australia. Tepat di seberang Harbour Bridge, sepuluh menit dari CBD Sydney, kantor RIM baru secara resmi diresmikan oleh Bapak Thomas A. MacDonald, Konsul Jenderal Kanada, dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh pejabat dari Pemerintah New South Wales dan North Sydney Council, serta mitra dan pelanggan RIM. Kantor fitur baru fasilitas pelatihan, pusat penelitian dan pengembangan, pusat mitra strategis pemasaran dan layanan dukungan teknis. Jumlah tenaga kerja menyediakan 12.000 pekerjaan di seluruh dunia.
Pada bulan Juni 2009 RIM telah mengumumkan bahwa mereka memperoleh Navigasi Dash, pembuat dari Dash Express. Pada Agustus 2009, RIM mengakuisisi Obor Handphone, memungkinkan dimasukkannya WebKit berbasis browser pada perangkat Blackberry merek.
Pada tanggal 18 Agustus 2009, Fortune Magazine bernama RIM sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan pertumbuhan 84% dalam keuntungan selama tiga tahun meskipun resesi.
Pada tanggal 26 Maret 2010, perusahaan mengumumkan akuisisi pengembang aplikasi BlackBerry Viigo, sebuah perusahaan berbasis di Toronto. Persyaratan kesepakatan itu tidak diungkapkan.
RIM mencapai kesepakatan dengan Harman International pada 12 April 2010, untuk RIM untuk mengakuisisi QNX Software Sistem. "RIM gembira tentang rencana akuisisi QNX Software Systems dan kami berharap untuk kolaborasi yang sedang berlangsung antara Harman, QNX dan RIM untuk lebih mengintegrasikan dan meningkatkan pengalaman pengguna antara smartphone dan di dalam kendaraan audio dan sistem infotainment," kata Mike Lazaridis, Presiden dan Co-CEO di RIM. "Selain kepentingan kita dalam memperluas kesempatan untuk QNX di sektor otomotif dan pasar lain, kami percaya bahwa akuisisi direncanakan QNX juga akan membawa nilai lain untuk RIM dalam istilah mendukung rencana produk tertentu mendadak untuk periferal cerdas, menambahkan properti intelektual yang berharga untuk portofolio RIM dan menyediakan jangka panjang sinergi bagi perusahaan-perusahaan berdasarkan keahlian OS signifikan dan saling melengkapi yang ada dalam RIM dan QNX tim hari ini.”
Pada tanggal 27 September 2010, RIM mengumumkan panjang dikabarkan BlackBerry Playbook komputer tablet. Pedoman BlackBerry secara resmi dirilis ke konsumen AS dan Kanada pada tanggal 19 April 2011.
Pada Mei 2010, RIM OS diselenggarakan 10,4% dari smartphone pasar sistem operasi.
Pada 30 Jun 2011, investor mendorong perusahaan untuk membagi dual-CEO struktur mendadak ditarik setelah kesepakatan dibuat dengan RIM. RIM mengumumkan bahwa setelah diskusi antara dua kelompok, Northwest & Investasi Etis akan menarik usulan pemegang saham sebelum pertemuan tahunan RIM.
Pada bulan Juni 2011, perusahaan telah mengumumkan prediksi Q1 2011 pendapatan yang akan turun untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun dan juga mengumumkan rencana untuk mengurangi pekerjaan. Hal ini diikuti oleh pasar yang saham jatuh ke level terendah sejak 2006. Sejak Juni 2008 sampai Juni 2011, pemegang saham RIM kehilangan hampir $ 70000000000 atau 82 persen dengan penurunan terbesar di antara komunikasi peralatan penyedia, dari $ 83000000000 di 3 tahun sebelumnya untuk saat ini $ 13600000000.
Pada bulan Juli 2011, perusahaan axed 2.000 pekerjaan, PHK terbesar dalam sejarahnya. Lay-off mengurangi tenaga kerja dari perusahaan sekitar 11% dalam satu stroke dari 19.000 menjadi 17.000

C. Perbedaan BlackBerry dengan handset lain

Perangkat Blackberry adalah device yang sama dengan hanphone lain yang mempunyai fasilitas telepon dan sms. Tetapi perangkat BlackBerry sendiri yang membedakannya adalah operating systemnya, karena operating system BlackBerry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry).
BlackBerry hanyalah seperti handphone biasa jika tidak mengaktifkan layanan servis BlackBerry. Namun jika layanan servis BlackBerry diaktifkan dapat menjadi killer device untuk ber-internet ia, terutama email. Sebenarnya handphone lain juga dapat beremail ria, via GPRS/3G/HSDPA, namun bedanya dengan BlackBerry adalah perangkat lain tidak dapat melakukan cek e-mail secara automatis tetapi secara manual, tetapi BlackBerry dapat mengakses email masuk, mengirim e-mail, menghapus e-mail dll seperti menerima, mengirim dan menghapus sms biasa. Email di blackberry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan oleh pengirim ke blackberry kita atau istilah lainnya menggunakan teknologi PUSH.
Perbedaan lainnya adalah blackberry dapat mengkompres email yang masuk ke inbox kita, perbandingan dengan email biasa adalah 1:100 (skala ekstrim), jadi seumpama ada rekan yang mengirim email ke anda dengan size 1000 Kb (1 Megabyte) maka email yang anda baca di inbox blackberry anda hanya bersize 10Kb. Dengan blackberry device bandwidth koneksi sangat irit sekali.

D. Kelebihan BlackBerry
  • System full backup/recover sebagian maupun sepenuhnya mempermudah user dalam membackup data-data penting
  • Ketika mengganti unit blackberry baru, cukup menggunakan fungsi change device dan data-data penting beserta setting dari 3rd party software (yang compatible) akan tercopy dengan mudah ke dalam perangkat blackberry baru.
  • Fungsi Autotext, cukup dengan menentukan keyword lalu mengasosiasikannya dengan isi pengganti yang biasanya berisi text/character yang panjang, dan digunakan dengan mengetikan keyword, maka isi pengganti akan menggantikan keyword tersebut
  • Fungsi Search sangat membantu untuk mencari informasi ataupun data yang tersimpan baik di dalam perangkat BlackBerry maupun yang ada di jaringan internet.
  • Profile pada blackberry sangat fleksibel. Untuk setiap account email, sms, mms, phone, facebook dan lainnya dapat diatur ringtone/vibrate dan led sign yang berbeda-beda.
  • Fitur speed dial pada blackberry qwerty sebanyak pilihan a-z, dikurangi default key  kan sangat membantu dalam melakukan panggilan secara cepat.
  • Penggunaan BlackBerry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas koneksi BlackBerry (BlackBerry Connect). Dengan BlackBerry Connect, pengguna tidak lagi harus menggunakan perangkat genggam BlackBerry untuk memanfaatkan BlackBerry Internet Solution. Pengguna hanya perlu menginstalasi BlackBerry Connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki, kita bisa memanfaatkan BlackBerry Internet Solution.
  • Fungsi BBM (Blackberry Messenger) yang merupakan salah satu fitur andalan BlackBerry yang memberikan layanan untuk chatting ke sesama pengguna BlackBerry
  • Customize Theme untuk user level Advanced mengizinkan penggunanya untuk dengan mudah dan mendesain rancangan theme sendiri sesuai kebutuhan. Yang dibutuhkan hanya image editing software.
  • Fungsi geotag pada blackberry ber-GPS dapat membuat foto-foto yang diambil dari perangkat BlackBerry terserbut berisikan infromasi lokasi.
  • Tampilan akses multimedianya telah terintegrasi dan sangat nyaman untuk digunakan.
  • Dengan mengaktifkan fungsi password, jika terjadi kehilangan terhadap blackberry, pencuri yang salah memasukan password akan menghapus seluruh data (wipe) di blackberry anda, sehingga data penting anda tidak gampang diambil.
  • Fitur firewallnya, sangat efektif dalam memblok sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.

E. Kelemahan BlackBerry
Features
  • Belum mendukung conference call.
  • Tidak ada aplikasi native untuk menerima dan mengirimkan fax.
  • Fungsi rekaman native (voice recorder) memiliki kualitas rekaman yang kurang memuaskan dan hanya mampu merekam 10 menit serta dalam format yang tidak umum (seperti mp3,wav dlsb)
  • pada blackberry qwerty, spell check yang membantu pengecheckan kesalahan ketik Hanya dapat berjalan jika selesai diketik semua. Padahal kesalahan ketik seharusnya dapat kita check saat melakukan pengetikan.
Software
  • Seluruh aplikasi pihak ketiga terinstall bersama pada memory internal, sehingga dengan memory internal (RAM) blackberry yang terbatas, tidak banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat diinstall (terutama pada blackberry type lama), meskipun sudah tersedia software yang dapat memindahkan instalasi 3rd party software pada memory card – saat digunakan program 3rd party tetap di load di internal memory (RAM).
  • Software 3rd party yang terinstall tidak otomatis terbackup saat kita melakukan backup, harus dilakukan trick khusus untuk membackup 3rd party software ini. Kecuali anda bersedia menginstall kembali 3rd party software setelah anda melakukan upgrade/downgrade OS.
  • Software blackberry sangat sedikit dan semuanya harus berbayar (sangat jarang ada freeware), yang merupakan kelebihan namun kekurangan blackberry adalah softaware yang kita gunakan pasti harus melalui otorisasi RIM (blackberry kita pasti selalu connect ke server RIM sebagai penyedia layanan blackberry), sehingga software blackberry hampir tidak mungkin dibajak, karena buat yang akan menggunakan blackberry siapin dana lebih untuk membeli software blackberry yang anda  butuhkan tentunya.
Email
  • Sinkronisasi antara email di blackberry dan server, terutama untuk email yang sudah kita delete di blackberry sering tidak bekerja dengan baik, sehingga sering kali email yang sudah kita delete di blackberry dan kita purge serta reconsile (dari menu Reconsile), tetap tertarik di mail client PC/Laptop kita, tentunya hal ini menjengkelkan karena kita harus memeriksa kembali mana email yang harus di delete kembali maupun yang tidak kita delete di blackberry untuk kita arsipkan di mail client PC/Laptop kita.
  • Ukuran file yang bisa dikirim dan diterima maximal 2.9Mb
Browser
  • Browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi.

F. Versi Sistem Operasi BlackBerry

RIM menyediakan sistem operasi multi-tugas (multi-tasking operating system - OS) bagi BlackBerry yang memungkinkan penggunaan secara intens dari sebuah alat. OS menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi nirkabel melalui e-mail dan kalendar Microsoft Exchange Server, dan juga e-mail Lotus Domino. Sementara OS 4 yang terbaru merupakan pelengkap dari MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender, dan lain-lain.
Sementara RIM mengembangkan dan merilis versi update dari sistem operasinya untuk mendukung masing-masing perangkat, terserah kepada operator masing-masing untuk memutuskan jika dan ketika versi dilepaskan untuk para penggunanya. Pada April 2010 RIM mengumumkan BlackBerry OS baru versi 6.0, yang dirilis pada kuartal 3 2010.
Desas-desus dari 6,1 OS mulai tahun 2011 bersama dengan gambar perangkat lunak baru. Pada 2 Mei 2011, RIM kemudian mengumumkan sebagai BlackBerry OS 7. Ini akan dirilis pada musim panas 2011. RIM mengumumkan bahwa perangkat saat ini tidak akan diperbarui untuk BlackBerry OS 7 (Tidak Dukungan Perangkat Legacy). RIM juga mengumumkan rilis Touch BlackBerry Bold (Blackberry Bold 9930 & 9900) yang akan menjalankan Blackberry OS 7.

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Simple Article Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates